Menurut teori behavioristik (Thahir 2017:10), belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Maka belajar merupakan perubahan yang dialami oleh individu dalam kemampun untu bertingkah lakuh dengan cara yang baru sebagai hasil dari interaksi anatara respon dan stimulus. Menurut M. Robi Sutikno (Thahir 2017:10) menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri sebagai hasil dari interaksi dengan lingkuangnya. Sedangkan menurut Rober belajar sebagai proses memperoleh pengetahuan dan sebagai perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) belajar adalah beruba tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari hasil interaksi dengan lingkungannya.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari hasil interaksi dengan lingkungannya.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan dan sumber belajar pada suatu lingkungan tertentu. Menurut Corey (Pasarrin 2014), konsep pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seorang secra sengaja dikelolah untuk memungkinkan turut serta dalam tingka laku tertentu dalm kondidi khusus dalam pendidikan. Sedangkan menurut Winkel (Thahir 2017:11), pembelajaran adalah seperangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar peserta didik, dengan memperhitungkan kejadian-kejadiaan ekternal terhadap rangakian kejadian-kejadian internal yang berlangsng daa diri peserta didik. Pembelajaran melibatkan seseorang untuk memperoeh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber yang dapatt menunjang belajar.Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mendukung adanya proses belajar dalam diri peserta didik.
Referensi:
Thahir.T,2017.Pengaruh Software Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Skrisi. Univertsias Islam Negeri Mataram. Tersedia di: http://etheses.uinmataram.ac.id/417/1/Thurmuzi%20Thahir151134023.pdf diakses tanggal 27 Oktober 218.
Pasarrin.N,2014,Pengruh Metode Resistansi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sopai, Skripsi. Universitas Kristen Indonesia Toraja.